hostgator coupon

Daftar Isi

Cara Mengirim Email Otomatis

Apabila anda mencari di google untuk kata kunci “cara mengirimkan email otomatis”, maka akan banyak cara yang diterangkan di blog-blog dan website-website. Ada yang menyarankan pakai software pengirim iklan dan ada juga yang pakai script yang dipasang di hosting. Disini saya akan share dua cara mengirimkan email otomatis ke lebih dari satu alamat email. Pertama menggunakan software gratisan dan yang kedua dengan cara script yang dipasang di hosting.

Pengiriman email masal dengan Flatmail.

Flatmail adalah software yang digunakan untuk mengirimkan email masal. Flatmail ini termasuk freeware jadi anda bisa mendapatkannya secara gratis. Apabila anda mendownload versi 1.130, maka anda akan mendapatkan beberapa file sebagai berikut :

FletMail.exe – The executable
FletMail.ini – Initialization file yang digunakan FletMail
FletMail.hlp – Normal Windows help file
FletMail.cnt - Isi dari help file
ReadMe.txt – Readme
instructions.txt – Instruksi pendek bagaimana menggunakan FletMail
MailEx.txt – Contoh mail file
DBFieldsEx.txt – Contoh field file
DBaseEx.txt – Contoh database file

Tampilan awalnya tidak kurang lebih sebagai berikut :

Sebagai konfigurasi awal, klik Edit – Preferences, maka akan terbuka jendela preferences. Isilah alamat SMTP server, nama dan alamat email pengirim. Kemudian Klik lagi Edit – Edit Database, maka akan keluar jendela Edit Database, klik saja tombol Done. Maka di sebelah kiri jendela akan tampil nama dan email seperti gambar di atas.

Untuk melakukan pengiriman email, klik File – Open – Mail untuk membuka file isi atau content dari email yang akan dikirim, sebagai contoh disimpan dalam file MailEx.txt, anda bisa membuat file isi email dengan notepad. Setelah klik open maka akan muncul isi file tersebut sebagai isi dari email yang akan dikirim. Sekarang kita isi alamat email tersebut dengan cara klik File – Open – DB Entries, pilihalah file yang berisi beberapa alamat email, dalam hal ini contohnya adalah file DbaseEx.txt. Maka beberapa alamat email akan muncul. Untuk bisa mengirimkan email tersebut, maka Pindahkanlah alamat email yang berada pada kolom Available ke kolom Receipents seperti pada gambar di atas. Jangan lupa isi filed From, to dan Subject email. Setelah semuanya dirasa cukup, klik tombol Send (refer pada gambar di atas). Maka email anda akan terkirim ke beberapa alamat email tersebut sekaligus.

Sebagai catatan, biasanya SMTP tertentu membatasi pengiriman email sekaligus, biasanya 100 email dalam sekali kirim, jadi perhatikanlah hal tersbut dalam pengiriman ke beberapa alamat email sekaligus.

Pengiriman email masal dengan script dan Jobcrone.

Script yang dipakai biasanya diberi nama Yahoo Group Poster karena seringnya dipakai untuk mengirimkan ke beberapa milis yahoo sekaligus. Berbeda dengan Flatmail yang pengirimannya secara manual, script ini untuk menjalankannya secara otomatis TIAP HARI sesuai waktu yang anda inginkan. Untuk menggunkan Script ini anda membutuhkan sebuah webhosting minimal 1Mb. Untuk dapat menggunakannya secara otomatis berjalan pada web server anda, maka web hosting yang anda gunakan harus menyediakan fasilitas Cron Job.

Untuk dapat script tersebut, silahkan kunjungi klikkonsep.com dengan nama “Yahoo Poster Murah“. Cara mengkonfigurasi script yang anda dapat tersebut adalah sebagai berikut :

1. Buka dan Edit file “Poster.php” menggunakan Text Editor (Ex. Notepad) Lalu tentukan semua keperluan-keperluan yang dibutuhkan. Penjelasan dan contoh sudah tersedia pada file Poster.php. Cek file Post.txt dan ubahlah alamat email dengan alamat email yang akan anda kirim email. Apabila alamat emailnya adalah milis, maka anda harus daftar dulu di milis tersbut.

2. Upload/Pindahkan semua file ke direktori web server anda. Contoh : “/public_html/Groups_Poster/”.

Untuk pengetesannya, coba jalankan “http://www.namdomain.com/Group_Poster/poster.php”, jika tulisannya “Sukses!” maka proses instalasi sudah benar dan script sudah bisa berjalan lancar.

Untuk bisa menjalankan script tersebut secara otomatis, maka caranya adalah sebagai berikut:

1. Ubahlah CHMOD folder dan file “Poster.php” menjadi 777, apabila anda menggunakan FileZilla, anda tinggal klik kanan dan ubah attributenya menjadi 777.

2. Login ke CPANEL anda , kemudian pilih link/menu “CronJob”

3. Pilihlah mode standard

4. Tentukan email output untuk notifikasi saat terjadi error

5. Isikan perintah “php -q /home/username/public_html/Groups_Poster/Poster.php” dan tentukan perintah waktu untuk dijalankan. Jangan lupa untuk save konfigurasi. Untuk bisa memonitor pengiriman email tersebut, isilah file post.txt dengan alamat email anda, maka saat terjadi pengiriman email, email tersebut juga akan terkirim ke email anda.

Pengiriman email sekarang bisa berjalan otomatis sesuai waktu yang anda setting. Anda juga bisa menggunakan script ini untuk beberapa pesan lagi, caranya buatlah file baru (copy) yang sama persis seperti file “Poster.php” , lalu edit/ganti pesan dan judul yang anda inginkan. Kemudian lakukan kembali langkah-langkah otomatisasi di atas.

Hati-hati!!!

Jangan terlalu banyak… nanti pihak peyedia jasa hosting anda bisa marah karena menganggap anda memberatkan servernya. Dan bisa saja pemilik/moderator milisnya nge-BAN keanggotaan anda jika terlalu sering mengirimkan pesan promosi. Oleh karena itu, Gunakanlah dengan BIJAK.

Perlu dicatat, saya tidak mengajarkan untuk spamming, tapi disini saya hanya ingin share saja tentang pengetahuan yang didapat. Kita sepakat, tidak ada yang setuju dengan spamming. Jadi bersikaplah lebih bijak. Gunakanlah software atau script pengirim email masal ini untuk menjaring prospect yang akan anda tangkap misalnya dengan Autoresponder.

Sengaja saya tidak detailkan penjelasannya dengan harapan anda bisa menemukan caranya sendiri, apabila cara detail tersebut bisa anda temukan sendiri, maka ilmunya akan diingat terus.

Semoga bermanfaat.

Salam Hangat

2 komentar:

  1. Apakah harus memasukkan angka 777 min? apa artinya itu? Website Gratis

    BalasHapus
  2. kode ganti permision untuk server linux (angelina widjaja)

    BalasHapus